Selasa, 10 Juli 2012

Cara kerja Timer / Penghitung waktu

omron.co.id



. Ini adalah timer analog buatan omron, timer ini berfungsi sebagai alat penghitung waktu, manakala waktu yang telah ditetapkan tercapai maka output kontaknya akan bekerja. Ada dua macam jenis timer, pertama timer on delay kedua timer off delay. Timer on delay bekerja ketika tegangan supply masuk, sedangkan timer off delay bekerja pada saat tegangan supply terputus atau off.


Cara Kerja Timer


. Pada saat timer ditenagai atau mendapatkan supply tegangan, maka timer akan mulai menghitung, ketika jumlah hitungan actual sama dengan setting ( jarum merah ), maka kontak output timer akan bekerja, Kontak timer berupa normally close (nc) dan normally open (no)


Arti dan fungsi indikator yang terdapat pada timer.

. Ada beberapa item indikator pada bagian timer yang perlu diketahui
  1. Power : Berfungsi sebagai indikator bahwa supply tegangan sudah masuk
  2. Out : Berfungsi sebagai indikator bahwa output timer kerja ( waktu actual = Set )
  3. A : Mode timer ( on delay mode )
  4. 0-12 : Scala timer ( bisa dirubah )
  5. Sec : Satuan timer dalam second / detik. ( bisa dirubah dalam satuan jam/hari )
  6. Jarum merah : Berfungsi sebagai indikator set, dirubah dengan cara diputar.
Ratings
  • Tegangan kerja : 100-240 Vac / 100-125 Vdc
  • Kapasitas beban 5 A 250 Vac.
  • Konsumsi daya : 1.6 Watt ( relay on ).

. Salah satu contoh penggunaan timer adalah, digunakan untuk memberi delay / timing pada sarana input atau masukan dari sensor seperti photo sensor atau lainnya, sehingga ketika sensor bekerja, akan didelay terlebih dulu oleh timer tsb. Hal ini bertujuan melindungi rangkaian agar tidak on-off ketika sensor tertutup benda yang hanya sekilas lalu saja. ( dalam hal ini tergantung pemakaiannya ).

75 komentar:

  1. maaf gan, saya mau nanya mengenai cara kerjanya!
    semisal di set 5 menit, apakah bisa ON selama 5 menit dan OFF selama 5 menit dan terus berulang?

    BalasHapus
  2. Timer ini, Ketika mendapat supply tegangan, dan seting timer 5 m, maka timer akan bekerja, tetapi kontaknya akan on setelah 5 m terhitung saat timer mendapat tegangan. Untuk off-nya tidak mesti 5 m, Tergantung sinyal listrik yang diberikan padanya.

    Jika ingin on=5m dan 0ff=5m, bisa, tetapi jenis timer yang digunakan adalah twin timer,hanya beda type saja.

    BalasHapus
  3. maap cuma numpang koment za....
    agan, yg di bicara kn mas tu butuh 2 timer...

    jadi klw agan/mas2 ne mau waktu ny truz terulang selama 5 menit, tu cara kerja ny harus memakai 2 timer.... thx

    BalasHapus
  4. Thanks komennya ya,seperti itu juga bisa tapi agak kurang effisien, sebab menggunakan 2 buah timer, tapi jika menggunakan twin timer cukup 1 timer, sebab seperti 2 timer digabung menjadi satu [terdapat dua setting-an untuk on dan untuk off].

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas numpang tanya nih, saya mau buat lampu pliplop timer yg saya punya H3CR-A8 dan H3BA bisa gak kirimkan rangkaiannya, sanny.muhammad@ymail.com

      thanks best regards

      Hapus
  5. kalau timer ini,dipergunakan untuk : misalnya diset 1 menit , bisa ngak on 1 menit setelah itu mati sendiri ??? tolong... gan

    BalasHapus
  6. Bisa !

    1 detik pun bisa :o

    BalasHapus
  7. mas bisa bantu saya gak. saya mau buat penunda waktu masuk arus listik ke beban.masalahnya tempat saya sering mati lampu dan setau saya lonjakan daya awal arus listrik pertama dari PLN begitu besar. makanya untuk menungu daya listrik dari PLN normal saya mau mengunakan timer on delay. sekemaya begini "arus PLN->timer on delay->kontaktor magnet->MCB->beban listrik"
    yang mau saya tnyakan kira" gimana cara intalasi komponen diatas klu bisa kasi diagram lengkap ya mas, kirim ke email saya yeyenfirmansyah@gmail.com , terima kasih sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban sudah saya email, sory agak lama.

      Hapus
    2. tlg krm k email sy jg donk mas... makasih.
      eydhay@yahoo.co.id

      Hapus
    3. Saya juga minat.
      Itu bisa beli dimana ?
      Tolong email ke : siaga_surya@ymail.com
      Thx

      Hapus
    4. TOLONG KIRIM KE Email saya juga mas..untuk menambah ilmu dan buat praktek...widaryantoy@ymail.com

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    6. TOLONG KIRIM juga mas.,sama saya.

      Hapus
    7. tolong kirim ke email saya jg ya pak..
      marchoche_77@yahoo.com
      terimakasih sebelum nya.....

      Hapus
    8. saya juga tertarik tuh mas, bisa di email ketempat saya juga mas. Thanks. f.tri.hard@gmail.com

      Hapus
    9. saya juga tertarik mas. bisa buat pengaman dirumah nich minta ya mas hendra_exe@yahoo.co.id

      Hapus
  8. Gan, saya mau tanya. bagaimana rangkaian timernya untuk mengendalikan lampu, agar lampu bisa ON jam 18.00 dan OFF jam 22.00 tiap harinya. baik otomatis ataupun ketika ON harus pencet saklar. jenis timer yg apa gan? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja seperti itu, tapi timernya yang jenis daily timer,nanti disitu kita bisa program, kapan hidup dan matinya, thanks.

      Hapus
    2. Mas saya mau tanya klao begini gimana :(untuk pompa air)
      - jam 5 pagi nyala sampai jam 7 (2jam on)dari jam 7 mati sampai jam 5 sore, lalu dari jam 5 sore nyala sampai jam 8. lalu mati lagi sampai jam 5 pagi dari jam 5 pagi nyala sampai jam 7. begitu sterus nya. kira2 pakai timer apa ya ?
      makasi ....

      Hapus
    3. GAN BISA SAYA MINTA WIRNGNYA TERIMA KSH.

      Hapus
    4. KE EMAIL SY YA mitramiloc@yahoo.co.id

      Hapus
    5. mohon tolong kirimkan juga k email saya mas :D
      raper.0527@yahoo.co.id

      Hapus
  9. kalo merek omron bisa pake type H5F digital daily timer. Tapi bisa juga pake merek yang biasa yang terdapat ditoko-toko listrik biasanya ada juga.

    BalasHapus
  10. numpang nanya bos.
    Ada gak timer yang bisa on 15 menit lalu off. Trus on lagi selang 2 jam. Jadi waktu on 15 menit dan delay 2 jam secara kontinyu.
    Mohon jawabane,makasih

    BalasHapus
  11. Ada, namanya twin timer, jadi untuk on bisa diset 15 menit, dan off bisa di set 2 jam, timer ini mempunyai 2 setting-an, yaitu untuk on dan off. trims.

    BalasHapus
  12. Permisi gan....
    saya mau tanya bgmn membuat instalasi timer pada motor tiga pase
    hitungannya 2 jam putar sesuai dngan jarum jam dan 2 jam lagi berlawannan arah jarum jam dan begitu seterusnya. thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang ini harus detail ya, harus pakai gambar, nanti saya posting gambarnya anda tinggal pelajari gambarnya, mohon ditinggu, trims

      Hapus
  13. mas...kalo timer untuk lampu penerangan jalan umum itu seperti apa..
    jadi timernya dari jam 18.00- 06.00 pagi menyala dan 06.01 pagi sampai jam 17.59 sore mati...(mati selama 12 j am dan hidup selama 12 jam) secara terus menerus otomatis setiap hari..
    itu timernya seperti apa...trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya untuk lampu penerangan jalan, setahu saya menggunakan sensor yang disebut DayLight, pada saat menjelang petang maka sensor akan bekerja dan lampu menyala, ketika matahari mulai terbit, maka sensor akan mendeteksinya dan mematikan lampu, adi on-off lampu tergantung cahaya yang dideteksi. Tapi jika menngunakan timer bisa juga menggunakan Daily Timer.

      Hapus
  14. bos,gmana cara mengatur timer theben agar lampu nyala dr jam 17.40-jam 01.00

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf saya belum paham maksud timer theben

      Hapus
  15. Mau tanya mas, saya mau mesin air yang dimushalla bisa ON 15 menit sebelum adzan dan akan OF setelah 60 menit, dan ini berulang setiap 5 waktu shalat. Ada alat khusus ga'?? Mohon dengan sangat bantuannya, terimakasih. Bisa di bls lewat email

    BalasHapus
  16. Klw mau yg lebih variatif pake az yg DIGITAL merknya macam2 . Itu bisa di stting waktunya 7-10 waktu sehari semalam. Trus penggunaan selama seminggu.,bulan...,tahun tanpa harus di sdting lg. Kita sudah banyak menggunakannya untuk mesin walet .

    BalasHapus
  17. 1. mas bisa bantu saya gak. saya mau buat penunda waktu masuk arus listik ke beban.masalahnya tempat saya sering mati lampu dan setahu saya lonjakan daya awal arus listrik pertama dari PLN begitu besar. makanya untuk menungu daya listrik dari PLN normal saya mau mengunakan timer on delay. sekemanya begini "KWH meter PLN -> MCB PLN -> timer on delay -> kontaktor magnet -> MCB -> beban listrik"
    2. Saya mau buat Panel untuk Lampu Penerangan Jalan Umum. Jadi Otomatis nyala Jam 18.00 - 06.00, dan otomatis off jam 06.01 - 17.59. menggunakan daily timer.

    yang mau saya tanyakan kira-kira diagram rangkaian elektriknya yang lengkap, kalo bisa tolong kirim ke email saya : zakwan_net@yahoo.com, terima kasih banyak mas.

    BalasHapus
  18. mas, tolong ni mas, saya kan mau buat mesin tetas telur dengan pemutar rak telur otomatis,
    nah yang saya tau, pemutar rak itu adalah motor, dimana motor ini berputar setiap berapa jam sekali sesuai setting pada timer. dan untuk membatasi pergerakan motornya (on/off nya) itu pakai limit switch.
    yang saya mau tanyakan
    a. bagaimana rangkaian time>motor>limit switchnya itu.
    b. apa bisa saya pakai timer digital biasa itu untuk rangkaian ini ?
    c. apa bisa thermometer+hygrometer digital dipasaran bisa untuk menghidupkan atau mematikan alat listrik?
    terima kasih.
    mohon jawabannya ke email saya abzusu_414@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya mas gimana ya. Aplikasinya timer tadi dapat bergantian mensuplai arus ke motor penggerak rak. Yang mana ada dua micro switc yang ketika rak menyentuhnya arus terputus lalu timer menghitung ulang untuk untuk settingan waktu tertentu (misal 4 jam).
      Kirimi gambaran rangkaiannya ya mas. Makasih.
      aspan.gb@gmail.com

      Hapus
    2. Sori mas email saya salah, yang benar
      aspan.gab@gmail.com
      Makasi.

      Hapus
  19. minta di kirimi juga cara penggunaan timer utk instalasi rumah untuk mengatasi beban awal pada saat listrik PLN menyala(Arus PLN-timer ondelay-contactor magnet-MCB-beban), mohon dikirim ke e-mail ini :achmadnawir@ymail.com, makasih sebelumnya gan.

    BalasHapus
  20. boss...listrik agar otomatis on off selamanya dari jam 18.00 s/d 06.00 tetapi dengan kekuatan daya 5500 watt ....ada gak boss timernya..Trm kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya timer dikombinasi dengan kontaktor yang mempunyai kapasitas sekitar 5,5 KW atau lebih. Timer menggunakan daily timer.

      Hapus
  21. maff mau nnya klo timer di kulkas tau g gan cra krja.a?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, Setahu saya kulkas tidak menggunakan timer, tapi menggunakan thermostat, untuk mengontrol suhunya.

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  23. minta di kirimi juga cara penggunaan timer utk instalasi rumah untuk mengatasi beban awal pada saat listrik PLN menyala(Arus PLN-timer ondelay-contactor magnet-MCB-beban), mohon dikirim ke e-mail ini :siaga_surya@ymail.com
    Thx sebelumnya

    BalasHapus
  24. pak,mohon penjelasannya timer omron apa bisa digunakan utk mesen pres mica,terimakasih

    BalasHapus
  25. mas saya mau tanya, saya mau pasang timer on mulai jam 1730 - 0600, dan off 0601 - 1729.
    pertanyaanya apakah timer bisa di setting dengan tambahan sakalar, misalnya jika week end di setting manual sehingga bisa di nyalakan dan di matikan dengan saklar. jika bisa merek dan tibe timer apa yang di rekomendasikan.
    krn saya jarang online, mohon bisa dikirimkan email jawaban ke sani.rakhmat@gmail.com. thanks

    BalasHapus
  26. mau tanya mas, rmh saya menggunakan 2 genset elektrik, gimana caranya menggunakan twin timer agar bisa on jam 18 dan off jam 06 secara bergantian hidup dan mati secara otomatis antara dua mesin tersebut biar ga hidup dan matikan mesin bergantian secara manual? mohon di krm gambar nya ke email: angga.adja@yahoo.co.id thank's mas sebelum nya.

    BalasHapus
  27. salam mas, Z amril mau numpang nanya... perbedaan setingan A,B,C,D yang ada di timer apa mas,.. jawabannya kirim ke (amrilkeren@ymail.com) yah mas,Z mengucapkan banyak terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  28. salam mas, Z amril mau numpang nanya... perbedaan setingan A,B,C,D yang ada di timer apa mas,.. jawabannya kirim ke (amrilkeren@ymail.com) yah mas,Z mengucapkan banyak terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  29. harga twin timer brapa ya kira2...

    BalasHapus
  30. mas saya mau tanya, bagaimana caranya membuat sambungan dari saklar pushbutton , relay , timer sama kontaktor , mohon dibantu soalnya buat tugas kuliah, kalau ada gambranya bisa dikirim ke e-mail saya rasyidi.nur.a@gmail.com terima kasih , maaf merepotkan

    BalasHapus
  31. Mas sya mau nanya, Timmer apa yg cocok Dipasang mengatasi beban awal pada saat listrik PLN menyala, Sya maunya Sekitar 60 detik PLN Menyala baru arusx masuk kerumah, dan tolong mas cara pasang Timmerx dikirim ke email saya BOSS:( jay_mujahidin@yahoo.co.id )Terima kasih sebelumnya BOSS,....

    BalasHapus
  32. Maaf gan sya minta tolong bikinkan skema & diagram cara memasang timer untuk lampu kebetulan timernya saya sudah beli yang analog merk OMRON,

    BalasHapus
  33. maaf gan, sy mo tanya. 2 bh timer bila disetel pada angka sama misal 5 detik apa pasti akan sama hasilnya. saya bandingkan kok hasilnya tidak sama. 1 timer mati pada 5 dt dan yang lain pada 4 dt. sy coba lagi pada setelan 15 dt. hasilnya 1 timer mati pada 13 dtk dan yang lain pd 14 dt.Apa ada yang salah pada rangkainnya ya gan,atau mungkin ada timer yg lebih akurat daripada omron.timer omron H3CR. tks

    BalasHapus
  34. Maaf gan saya mau tanya, saya punya motor 500W, saya mau motor tersebut nyala jam 10 pagi - jam 10 malam, dan hidup hari senin - jum'at saja, sedangkan hari sabtu-minggu hidup cuma 2 jam saja jam 5-7 pagi, itu pake timer jenis apa?cara pemassangannya seperti apa? tolong bantu saya y' thk.

    BalasHapus
  35. gan, mau tanya nih.. kalo timer ini saya pakai untuk delay matinya engine bisa gak? kalo bisa gimana caranya. kirim email di peby.hamzani@gmail.com

    BalasHapus
  36. agan Nono Haryono

    saya hanya copas komentar di atas mengenai sklar timer dari postingan agan gagha pada tanggal Kamis, 21 Februari, 2013 yang berisi:

    Mas saya mau tanya klao begini gimana :(untuk pompa air)
    - jam 5 pagi nyala sampai jam 7 (2jam on)dari jam 7 mati sampai jam 5 sore, lalu dari jam 5 sore nyala sampai jam 8.
    lalu mati lagi sampai jam 5 pagi dari jam 5 pagi nyala sampai jam 7. begitu sterus nya. kira2 pakai timer apa ya ?

    tolong balas ke email saya gulamnawi@gmail.com

    terimakasih gan Nono haryono

    BalasHapus
  37. agan nono
    Saya mw bikin timer buat mesin tetas,,,
    saya pakai timer single tp 2 yg 1(a) saya set 8 jam sekali mati timer trus timer 2(b) saya set 10 detik hidup,,,

    Tolong bantuan nya,,,
    Reply ke priatna00@gmail.com

    Terima kasih agan,,,

    BalasHapus
  38. maaf gan...saya mau saklar setelan nya untuk beberapa detik,misalnya 15 detik,apa ada gan prodaknya,mohon dibalas ke armiaabdulhamid@yahoo.co.id

    BalasHapus
  39. pak, saya mau minta tolong,
    Gini pak, saya kan mau buat mesin tetas telur bebek,dengan pemutar rak telur otomatis,
    nah yang saya tau, pemutar rak itu memakai motor 2.5 rpm,14 watt,220volt, dimana motor ini berputar setiap 3 jam sekali ,dan tiap 3 jam putaran nya searah jarum jam,dan 3 jam kemudian berlawanan jarum jam,
    dan untuk membatasi pergerakan motornya saya pakai limit switch,

    yang saya mau tanyakan
    a???
    a. Pakai timer apa ,???
    b. Pakai relay tidak,????
    terima kasih.
    mohon jawabannya ke email saya asni_ati15@yahoo.com,
    Tolong di balas pak.
    Saya tunggu,

    BalasHapus
  40. Gan,. Bisa kasih materi untuk rangkaian sistem kelistrikan windlass kapal ngk? Saya tunggu 085259476540

    BalasHapus
  41. Mas saya mau buat sound mesjid agar hidup 1/2 jam sebelum azan dan mati setelah 1 jam danseterusnya untuk 5 waktu sholat timer apa yang dipakai dan tolong kirim wiring diagramnya ya ke myusri82@yahoo.com trims ya.

    BalasHapus
  42. Mas mau tanya dong, bagaimana cara merangkai instalasi listrik ke timer untuk lampu reklame sesuai dengan keinginan waktu yang kita inginkan...misalnya nyala jam 8 pagi ....sampai padam jam 11 malam....1 yang ingin saya tanyakan bagaimana cara menginstalnya disertai gambar...tolong balasan nya kirim ke face book saya aja...Rinikusrini2010@yahoo.com...terima kasih...

    BalasHapus
  43. Mas mau tanya dong, bagaimana cara merangkai instalasi listrik ke timer untuk lampu reklame sesuai dengan keinginan waktu yang kita inginkan...misalnya nyala jam 8 pagi ....sampai padam jam 11 malam....1 yang ingin saya tanyakan bagaimana cara menginstalnya disertai gambar...tolong balasan nya kirim ke face book saya aja...Rinikusrini2010@yahoo.com...terima kasih...

    BalasHapus
  44. Pak sy mau tanya, apa maksud dari Mode A-E-A-B2-E-J pada timer omron H3CR-A8, tlg jawaban kirim ke arrielbarca@gmail.com.

    Terima kasih

    BalasHapus
  45. Mas saya mau tanya…gmn cara bikin rangkaian untuk 2 AC split mnggunakan timer,dngn catatan jam 09.00-21.00 nyala bersamaan dan jm 21.00-09.00 ac mati scara bergantian stiap harinya,jd kurang lebih sperti ini…hari pertma jm 9-21 ac 1&2 nyala tp jm 21-9 hanya ac 1 yg nyala,dan hari ke 2 jam 9-21 ac 1&2 nyala tp jam 21-9 hanya ac 2 yg nyala…gmn cara seting timernya…mohon pencerahannya bisa di krim ke email zierya@gmail.com,trima kasih….

    BalasHapus
  46. Sul181h 24hours Mechanical Timer Time Switch saya rusak.. mohon no IC kalo punya... jg skemanya.. Trims

    BalasHapus
  47. mas tolong kirim di email skema rangkaian alat....aku kbetulan dapat timer cuma udah kebongkar ngga tau cara pasangnya mw disambung kemana...coz ada tiga kabel di papan cb timer stopkontak tersbt mas...tolong dibantu.....takut meledak

    ucha_xxx_teknik@yahoo.co.id

    BalasHapus
  48. Gan.. Harga timer itu sendiri berapa ya? Biar saya ada perbandingan harga di tempat saya..
    Thanks..

    BalasHapus
  49. Gan gimana merangkai timer untuk lampu taman, teras, jalan dengan 3 chanel stok kontak, soale saya pengen nyala lampu dengan durasi waktu yg berbeda

    BalasHapus
  50. mohon pencerahan... mau eksperimen. motor 1 phase berputar ke kanan 10 detik 2 jam berikutnya berputar ke kiri 5 detik . terus menerus . mohon gambar detail plus keterangan. estimasi komponennya sekalian. sy sudah punya omron h3cr plus beberapa relay2 schneider.
    mohon email ke izal_lazi@rocketmail.com. matur suwun

    BalasHapus
  51. Klo diagram yg ada tombol resetnya ada? Atau ada typr yg direkomendasikan. Pinginnya. 1. Jika reset ditekan contact On, setelah beberapa detik off. Jika ada minta tolong dikirim ke murry_ho@yahoo.com. Nuwun.

    BalasHapus

Terbaru